Go to Top

AC Installation

Home » Our Services » AC Installation

Di Indonesia yang beriklim tropis, sebagian besar energi listrik digunakan untuk mendinginkan ruangan dengan menggunakan sistem tata udara atau dikenal dengan Air Conditioner (AC). Bangunan gedung modern menggunakan berbagai sarana untuk memberi kenyamanan bagi penghuni dan tamunya. Sarana yang memberikan kenyamanan ini disebut dengan utilitas bangunan dengan distribusi pemakaian listrik dan sistem tata udara adalah konsumen pemakai listrik terbesar.

Pada dasarnya sistem tata udara terbagi menjadi 2, yaitu:

  • Sistem tata udara langsung (Direct Cooling)
    Pada sistem ini udara diturunkan suhunya oleh refrigerant freon dan disalurkan ke dalam ruangan tanpa saluran udara (ducting). Jenis yang digunakan adalah AC Window berkapasitas 0,5 – 2 pk, AC split berkapasitas 0,5 – 2,5 pk dan AC package berkapasitas sampai 10 pk.
  • Sistem tata udara tidak langsung (Indirect Cooling)
    Refrigerant yang digunakan bukan freon tetapi air es (chilled water) dengan suhu sekitar 50 C. Air es dihasilkan dalam chiller (mesin pembuat es yang menggunakan refrigerant sebagai zat pendingin). Sistem ini dikenal dengan sistem tata udara terpusat (Central Air Conditioning System).

MSS Group memiliki keahlian dan jam terbang yang cukup panjang untuk melakukan instalasi sistem-sistem di atas. Namu baru-baru ini, MSS Group mulai mengikuti permintaan customer juga untuk melakukan instalasi sistem VRF.

Sistem VRF diperkenalkan sebagai teknologi yang memungkinkan konsumen melakukan penghematan biaya secara signifikan atas penggunaan energi. Hal ini dipengaruhi dari segi performa yang mampu memberikan :

  • Efisiensi energi yang cukup tinggi sehingga menghasilkan penghematan energy listrik yang cukup besar karena outdoor unit terbaru menggunakan kompresor teknologi inverter yang menyeluruh.
  • Efisiensi tinggi untuk memenuhi penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan ruangan aktual.
  • Durabilitas tinggi dengan tenaga pendingin yang kuat bahkan ketika beroperasi pada temperatur tinggi serta dirancang dengan rentang operasi hingga 52oC.
  • Jadi, sistem manakah yang terbaik? Jawabannya: Sistem terbaik adalah sistem yang paling cocok untuk kebutuhan anda.

Sistem apapun bisa berjalan baik selama:

  1. Instalasi dilakukan secara standard. Jangan fokus ke harga yang murah karena biasanya, pipa ataupun spare part yang digunakan tidaklah standard.
  2. Kapasitas ruangan dan BTU yang diperhitungkan harus sesuai. Dan nilai toleransi ditambahkan sekitar 20% dari kapasitas yang diperlukan.
  3. Ruangan yang sering buka-tutup dianjurkan menggunakan Air Curtain Ekstra Strong.
  4. Apabila ruangan/ toko menghadap matahari pagi, sangat dianjurkan juga menggunakan kaca film super clear yang 90% reduce panas.
  5. Voltage Listrik di lokasi sangat diharapkan cukup stabil berhubung unit yang digunakan sudah diatas 900 BTU (menggunakan stabilizer dapat menjaga suhu AC lebih stabil).
  6. Pemeliharaan/ pencucian unit Indoor dan Outdoor secara rutin dan pengecekan ampere serta tekanan freon secara berkala minimal 3 bulan Sekali.